MENULISLAH SETIAP HARI


           Resume I                                                                          

           Oleh : Ucu Siti Romlah, S.Pd


Bismillah...
Malam ini pemateri pertama adalah Bapak Dr. Wijaya Kusuma, M.Pd yang biasa kita sapa Omjay. Sebagai seorang blogger, motivator,trainner dan penulis buku, beliau menyampaikan pengalamannya sejak awal merintis sebagai penulis hingga sekarang . Berikut trik dan tips yang Omjay sampaikan.

Menurut pendapat Omjay, kebanyakan orang tidak bisa menulis karena malas membaca tulisan orang lain atau merasa tulisannya yang paling hebat padahal diatas langit masih ada langit. Karena itu,kita harus melepaskan baju kesombongan. Mulailah menulis dari apa yang kita sukai dan kuasai. Dari keseharian yang kita lakukan dan mulailah dari blog pribadi. Menulis setiap hari bukanlah ilmu yang susah untuk dipraktekkan. Kalau kita punya blog maka menulis setiap hari terasa indah. Tulisan-tulisan kita di blog menjelma jadi buku bahkan dapat penghasilan tambahan dari menulis.

Menulis setiap hari akan berbuah prestasi ketika kita menulis dengan hati. Menulislah dengan hatimu maka engkau akan bertemu dengan pembaca setiamu. Menulislah dari yang dilihat, didengar dan dialami. Menulis akan mudah kalau langsung dilihat dan dialami serta didengarkan secara langsung. Kisah nyata lebih disukai banyak orang daripada kisah fantasi. Bagi ilmu setiap hari dan bagi  pengalaman kepada semua orang dengan ikhlas.

Seperti orang berjalan di trotoar harus hati-hati melangkah, begitu juga menulis. Berpikir sebelum memposting itu penting. Menulis bisa di mana saja dan kapan saja. Untuk mengawali sebuah tulisan sebaiknya yang kita alami dan kita rasakan. Awali sebuah tulisan dengan menyapa pembaca. Sebaiknya menulis lebih dari 500 kata supaya menjadi artikel yang enak dibaca. Sering-seringlah membaca tulisan orang lain kemudian bandingkan dengan apa yang sudah kita tulis. Setiap orang punya gaya menulis masing-masing buatlah sesuai dengan versi kita dan gaya kita sendiri.Trik agar tulisan dibaca banyak orang tulislah sesuai isu terkini. Dan yang tak boleh dilupakan adalah rajinlah membaca.Jika mau sukses jadi penulis hebat, maka disiplinlah menulis setiap hari maka akan menemukan keajaiban.

Pemaparan materi diakhiri dengan ucapan hamdalah dan ucapan terima kasih khususnya kepada Omjay yang telah menjawab semua pertanyaan peserta pelatihan dengan rendah hati dan kepada moderator Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd yang begitu sabar mendampingi kami. 



                                                                                              Rajapolah, 09/ 01/ 2023





Komentar

POSTINGAN POPULER

OLEH-OLEH DARI NEGERI PANDA

MENGABADIKAN YANG FANA

SELAMAT PAGI ISTANBUL

HARI BUKU NASIONAL

HABIS GELAP TERBITLAH TERANG

JEJAK HISTORIS PANJALU

PESAN DINI HARI

PANDEMI COVID-19

SERENTAK BERGERAK,WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR

NEGERI HARAPAN ITU INDONESIAKU